Dekati orangnya, mengalir uang nya untuk anda…

Dekati orangnya, mengalir uangnya…

dompet terbuka

Sadarkah anda? Beberapa kali anda rela mengeluarkan uang untuk membeli produk.. dan sangat rela mengeluarkan isi dompet anda itu tanpa pikir panjang. Bahkan perasaan anda penuh keyakinan..

Apa penyebabnya? Coba anda perhatikan.. mungkin ini penyebabnya. Selain karena anda butuh barangnya, bagus kualitas produknya, dan tentu anda yakin dengan si penjual…

Yang paling penting, factor yang mendorong seseorang semakin YAKIN mau membeli produk itu jelas karena si penjual yang meyakinkan.

Coba anda bayangkan.. sambil rasakan. Saat anda ingin membeli sesuatu. Lalu anda dihadapkan dengan beberapa toko. Kira – kira toko mana yang spontan anda ingat dan akan anda singgahi?

Mungkin anda akan memilih toko yang anda yakin dengan penjualnya. Meski anda belum pernah kenal si penjual, mungkin anda pernah dengar dari kawan anda tentang reputasi si penjual.. Sehingga itu jadi sumber referensi anda. Tokonya melekat di otak anda dibanding toko yang lain..

Saya pelajari juga dari nenek saya yang kebetulan jualan di pasar. Toko nya ramai sekali dibanding toko yang lain. Kenapa bisa terjadi? Karena nenek saya berusaha akrab dan dekat dengan pelanggan.. Sehingga lebih dipercaya dan pelanggan yakin… !

Saya juga menjadi pelanggan di salah satu konter pulsa hp. Setiap beli kuota internet untuk gadget saya, pasti beli di konter tersebut. Bahkan sudah melekat di otak saya, bahwa setiap kebutuhan gadget, termasuk urusan kuota internet, pulsa, itu selalu di toko tersebut. Kenapa bisa demikian?

Awalnya, saya dapat referensi dari adik dan kawan – kawan. Katanya beli kuota internet di konter tersebut enak. Penjualnya ramah, akrab dan baik banget.. Selalu kasih advice sebelum membeli. Akhirnya saya coba beli disana dan ternyata BENAR. Kemudian sampai hari ini saya jadi pelanggan setia. Belum kepikiran berpaling ke toko lain.

Nah apa hal yang bisa anda simpulkan?

Satu pola yang sama, bahwa jika ingin laris dan ingin toko anda selalu diingat oleh pelanggan, jawabannya adalah hanya 1 “PENJUALNYA”. Ya, anda sebagai penjual harus menyenangkan, akrab, ramah.. berusaha bukan JUALAN.. tapi membantu kebutuhan konsumen. Sehingga selalu dipercaya oleh pelanggan anda.

Kalo sudah begitu, anda sudah membangun KEDEKATAN, KEAKRABAN, dan menimbulkan rasa NYAMAN. Ujung – ujungnya, mereka RELA mengalir uangnya kepada anda tanpa ragu sedikit pun. Bahkan toko anda akan selalu melekat di otaknya.

Jadi apa yang bisa anda lakukan agar toko online anda tidak mudah dilupakan?

  1. Bangun kedekatan dengan calon pembeli anda di media social. Dengan sering berbagi konten / artikel2 yang bermanfaat
  2. Bangun keakraban dengan membuat banyak persamaan dengan calon pembeli anda. Misalnya, calon pembeli anda banyaknya ABG yang jomblo.. mungkin anda bisa berbagi artikel yang lucu – lucu tentang jomblo. Ini menimbulkan rasa nyaman
  3. Layani calon pelanggan anda dengan sangat ramah. Berikan mereka KESAN yang mendalam sejak pertama kali order dengan anda
  4. Balas komentar teman – teman anda di FB, IG, Twit dengan ramah
  5. Sambil membangun kedekatan, sambil anda terus mempromosikan TOKO anda dengan cara yang halus.

5 hal diatas bisa membantu anda lebih dekat dengan calon konsumen anda. Percayalah! Jika anda sebagai penjual sudah disenangi oleh calon pembeli.. dan sudah akrab, maka DOMPET mereka terbuk lebar untuk anda.. bahkan uangnya akan MENGALIR deras untuk anda.. Hehehe

Dan dengan langkah ini, toko online anda TIDAK MUDAH DILUPAKAN.

Semoga langkah ini bermanfaat bagi anda.
By the way ini adalah langkah ke 7 agar toko online anda LARIS dan tidak mudah dilupakan. Untuk membaca langkah sebelumnya anda bisa cek postingan saya disini >> bit.ly/langkah1tokoonline

Silahkan baca satu persatu.

Regards,
Fahmi Hakim ( Trainer Toko Online, Founder Kelas BOS, Owner hotglass.co.id )